Manfaat Daun Alpukat untuk Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah di dinding arteri. Ini biasanya disebut sebagai silent killer karena gejalanya terasa sangat tak diketahui. Untuk mengetahui apakah tubuh memiliki tekanan darah tinggi, ada hubungannya dengan tekanan darah. Pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan secara rutin minimal 5 tahun, terutama untuk orang dewasa. Hal ini penting karena tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala spesifik.

Penderita penyakit tekanan darah tinggi di Indonesia saja telah mencapai 25,8 persen dari total populasi Indonesia. Jumlah ini termasuk yang tertinggi di dunia. Jumlah penderita tekanan darah tinggi lebih banyak dialami wanita dibanding pria. Ironisnya, pasien tidak menyadari bahwa ia menderita tekanan darah tinggi. Inilah yang membuat hipertensi adalah penyakit terbanyak yang merenggut nyawa di Indonesia.

Pengobatan dengan manfaat daun alpukat untuk hipertensi

Dalam pengobatan tekanan darah tinggi, setelah Anda memeriksakan diri ke dokter mungkin dokter akan meresepkan obat yang tekanan darah Anda agar terkontrol. Tapi itu tidak cukup, Anda harus menyeimbangkannya dengan asupan makanan dan olah raga yang sehat. Salah satu tanaman yang baik untuk menggunakan hipertensi adalah daun alpukat. Mungkin sudah pernah Anda dengar, namun Anda masih bingung apakah daun alpukat bisa mengobati tekanan darah tinggi?

Daun alpukat memiliki sifat anti-hipertensi. Ini disebanbkan karena di daun alpukat ada flavonoid yang mengendalikan tekanan darah. Daun alpukat kaya akan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Selain menyembuhkan hipertensi, daun alpukat juga efektif dalam mengobati penyakit lain yaitu penyakit antihiperlipidemia. Hiperlipidemia adalah suatu kondisi dimana ada penyumbatan di arteri akibat penumpukan kolesterol yang cukup banyak di dalamnya. Hal ini tentu saja tidak baik karena jika darah yang tersumbat bisa menyebabkan serangan jantung mendadak.

Jadi bagaimana cara menggunakan daun alpukat untuk mengobati hipertensi? Berikut beberapa langkah yang bisa dijadikan obat daun alpukat.
- Siapkan 4 atau 5 lembar daun alpukat dan cuci
- Siapkan air secukupnya
- Merebus air sampai mendidih lalu masukan daun alpukat
- Ttambahkan gula batu untuk membuat rasa pahit daun alpukat hilang
- Biarkan sampai 3 menit lalu angkat
- Saring
- Minum secara teratur tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal

Anda bisa mencari daun alpukat ini di toko herbal atau ambil sendiri jika memiliki pohon sendiri karena lebih praktis. Tak perlu berburu ke hutan karena banyak yang jual. Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak daun alpukat yang telah dikemas dalam kapsul atau jamu yang lebih praktis karena hasilnya tidak akan jauh berbeda. Jangan lupa meminumnya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal dan jangan lupa untuk melengkapinya dengan kegiatan olah raga seperti biasa serta mengonsumsi makanan bergizi.

Manfaat daun alpukat

Biasanya, kita mengkonsumsi buah alpukat saja dan manfaat kesehatan dari buah alpukat sudah terkenal di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, juga mengandung banyak nutrisi yang membawa manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Namun, bukan hanya buahnya yang memiliki manfaat kesehatan, daun alpukat juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Daunnya mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh kita, seperti flavonol, quercetin, glikosida, polifenol, estragole, alpha dan beta pinene, cineol, limonene, serotonin, flavonoid, dan lain-lain. Inilah manfaat kesehatan lainnya dari daun alpukat untuk tubuh kita:

Melindungi tubuh dari penyakit degeneratif
Senyawa flavonol pada daun alpukat memiliki mekanisme untuk melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, seperti osteoarthritis. Hal ini memuat daun alpukat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini

Bertindak seperti diuretik
Daun alpukat mengandung quercetin yang berperan sebagai agen diuretik. Ini membantu Anda buang air kecil dengan baik untuk menghilangkan produk limbah metabolisme Anda.

Menghambat pertumbuhan bakteri
Daun alpukat mengandung polifenol dan pinene, zat yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Anda bisa mendapatkan manfaatnya untuk mencegah infeksi.

Membantu merawat batu ginjal
Alkaloid, flavonoid, dan saponin adalah zat yang bisa memecah batu ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal. Anda bisa mendapatkan zat ini dari daun alpukat. Untuk mendapatkan efek semacam ini, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
- Cuci 5-8 lembar daun alpukat tua.
- Rebus dengan 1 gelas air.
- Tunggu sampai airnya bersisa ½ gelas.
- Saring air dari residunya.
- Minumlah setiap pagi dan sore hari selama 10 hari atau sampai kerikil atau buih keluar melalui kencing.

Menstabilkan tekanan darah
Limonene yang terkandung dalam daun alpukat dapat bertindak sebagai obat alami untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegah kondisi hipertensi.


Manfaat Daun Alpukat untuk Hipertensi

Mengurangi serangan asma
Daun alpukat mengandung pinene yang berfungsi untuk mengurangi serangan asma melalui beberapa mekanisme. Zat ini memiliki efek bronchodilator, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru. Mekanisme ini memuat daun ini cocok untuk mengobati serangan asma dengan baik.

Membantu menyembuhkan sakit kepala
Senyawa quercetin dan pinene daun alpukat dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Mereka menghambat rasa sakit ke otak sehingga sakit kepala atau gejala rasa sakit lainnya bisa berkurang.

Membantu mencegah kanker
Daun alpukat untuk mencegah kanker karena adad kandungan pinene dan limonene. Zat ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan bertindak sebagai agen kemoprotektif.

Menjaga kulit tetap sehat
Daun alpukat mengandung antioksidan yang bisa membantu membersihkan kulit dan pori-pori. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang besar untuk kesehatan kulit Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus menumbuk daun  alpukat muda dan oleskan ke kulit Anda 5-10 menit, lalu cuci.

Mengurangi sakit punggung
Kandungan pinene pada daun alpukat dapat mengurangi rasa sakit di seluruh bagian tubuh, terutama untuk nyeri punggung.

Mengurangi pembengkakan
Efek kuersetin pada daun alpukat dapat mengurangi pembengkakan tubuh melalui mekanismenya dalam meminimalkan zat peradangan. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan daun alpukat ini dengan menerapkan daun alpukat tumbuk ke area pembengkakan selama 4-5 jam lalu cuci.

Menghilangkan sariawan
Sariawan bisa terjadi dari bakteri atau kerusakan di daerah rongga mulut. Hal ini dapat dieliminasi dengan kandungan polifenol pada daun alpukat. Cukup kunyah daun alpukat lalu didiamkan selama 5-10 menit untuk mendapatkan manfaat ini.

Membantu mengobati diabetes
Daun alpukat untuk mengobati diabetes berasal dari kandungan glikosida-nya. Glikosida dapat menggantikan gula yang dibutuhkan tubuh dan memberi perasaan kenyang sehingga akan menghentikan konsumsi kalori dari gula biasa Anda. Ini sangat berguna untuk mengobati diabetes.

Mengurangi kadar kolesterol
Daun ini bisa untuk mengurangi kadar kolesterol dan sudah terbukti karena adanya senyawa limonenenya. Limonene bisa mengurangi trigliserida dan kolesterol total secara efektif.

Membantu mengobati radang sendi
Senyawa kuersetin pada daun alpukat bisa berperan sebagai agen antiinflamasi sehingga bisa membantu mengobati penyakit arthritis.

Bertindak sebagai agen detoksifikasi
Senyawa flavonol dalam daun alpukat dapat memurnikan darah dari zat beracun dan membuangnya melalui urine. Inilah salah satu manfaat kesehatan daun alpukat yang menakjubkan sebagai agen detoksifikasi.

Membantu mengobati diare
Limonene yang terkandung dalam daun alpukat juga memiliki mekanisme untuk menjaga keseimbangan pencernaan dan memperbaiki fungsi usus. Ini akan membantu mengobati diare dan masalah pencernaan lainnya.

Meningkatkan produksi susu selama menyusui
Daun alpukat bisa bermanfaat bagi wanita saat menyusui. Zat estragole dalam daun alpukat dapat meningkatkan produksi ASI pada wanita. 

Menurunkan kegelisahan dan terhindar dari insomnia
Daun ini juga dapat menurunkan kecemasan dan mencegah insomnia melalui kandungan serotoninnya. Serotonin berperan penting dalam mengatur mood, mengendalikan nafsu makan, dan tidur. Selain itu, kandungan limonene juga membawa manfaat kesehatan untuk mengurangi kecemasan dengan baik.

Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat luar biasa dari daun ini adalah membantu menurunkan berat badan. Daun alpukat mengandung limonene yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan sehingga Anda bisa mengendalikan napsu makan dan mencegah kenaikan berat badan.

Daun alpukat biasanya dikonsumsi sebagai teh. Untuk membuat teh ini, ikuti langkah-langkah ini:
- Cuci 3 lembar daun alpukat.
- Rebus dalam panci dengan 1½-2 gelas air selama 10 menit.
- Biarkan teh sampai menjadi hangat.
- Tambahkan pemanisnya sampai Anda mendapatkan cita rasa terbaik.
- Minumlah 1-2 cangkir per hari secara teratur.
Selain membuatnya menjadi teh, Anda bisa menggunakan daun alpukat untuk menambahkan rasa ke sup.

Artikel terkait manfaat daun alpukat :
- manfaat daun alpukat untuk kolesterol
- daun alpukat obat sakit pinggang
- tips manfaat daun alpukat
- khasiat daun alpukat untuk diabetes
- manfaat daun alpukat dan cara mengolahnya
- efek samping daun alpukat
- manfaat daun alpukat untuk kecantikan
- manfaat daun alpukat untuk haid

Sumber :
http://www.healthyt1ps.com/2016/07/benefits-of-avocado-leaves-for.html
https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-avocado-leaves


Tag : manfaat daun alpukat
Back To Top